Penanganan Hernia Pada Anak

Mengetahui terjadinya penyakit hernia cukup dengan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan ultrasonografi (USG) perut hanya merupakan pemeriksaan tambahan untuk mengetahui ada tidaknya komplikasi penyakit.

Sebagian besar hernia umbilikalis menutup dengan sendirinya saat anak berusia 1 tahun. Terkadang dokter hanya melakukan sedikit penekanan agar bagian yang keluar dapat masuk kembali. Seringkali penderita datang ke pengobatan alternatif, selanjutnya dilakukan penekanan dan pembebatan agar tidak menonjol. Tindakan ini sangat ceroboh dan dapat mengakibatkan masalah serius hingga kematian.

Pada anak yang menderita hernia umbilikalis, tindakan operasi biasanya tidak perlu dilakukan. Terutama jika diameter cincin hernia sekitar 1 cm. Biasanya akan menutup dalam tiga tahun. Pada kndisi tertentu, perlu dilakukan intervensi pembedahan, misalnya :

  • Bila didapatkan diameter cincin hernia 2 cm atau lebih dan tidak menutup spontan, maka dilakukan tidnakan pembedahan pada usia 2 atau 3 tahun.
  • Setelah usia 3 tahun keatas, tidak terjadi penutupan spontan.
  • Hernia terperangkap dan menghambat [ergerakan usus, hingga mengakibatkan kegawatdaruratan.

Pada orang dewasa lebih diutamakan pada tindakan operasi, untuk menghindari komplikasi, terutama jika hernia dirasakan makin membesar dan terasa nyeri. Tindakan pembedahan dilakukan dengan membuat luka pada rongga perut, selanjutnya dilihat bagian usus yang terperangkap dan dilakukan evaluasi apakah terjadi kerusakan jaringan atau tidak.

Jika sudah mengalami kerusakan dan tidak dapat dipertahankan, dilakukan pemotongan usus, namun jika masih baik, usus dimasukkan kembali kemudian dilakukan penjahitan agar tidak keluar kembali. Setelah operasi penderita dapat pulang beberapa jam kemudian. Penderita dapat melakukan aktivitas harian setelah dua hingga 4 minggu. Terjadinya keluhan berulang jarang sekali terjadi.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Pro-Hernia Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Hernia, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Hernia and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Penanganan Hernia Pada Anak

  1. celana hernia bayi says:

    oke terima kasih banyak gan

  2. mahudi says:

    gimana cara pengnyobatanya

  3. choesnanto says:

    untuk anak anak apa ada pengobatan alternatif tanpa operasi?

  4. deivy says:

    anak sy usia 2 thn,terdapat pembengkakan di daerah atas buah zakr di sblh kiri…sering keluar tapi juga kadang sdh hilang…sy sudah larang anak sy karena dia sangat aktif,sering lompat2,dan suka berteriak.,bgm caranya spy ususnya tidak keluar lgi?thnx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>